Pemahaman Ilmu YINYANG

Pemahaman Ilmu YINYANG  

 
Jangan terlalu mudah percaya terhadap penjelasan ilmu YINYANG yang beredar dibuku-buku atau artikel2 di internet.
Guna memahaman Ilmu YINYANG yang asli, artikel ini kiranya dapat membantu para pembaca mengetaui tentang dasar ilmu YINYANG secara garis besar agar dapat mengerti kekeliruan pemahaman yang beredar selama ini. Meskipun disebut dasar, namun dasar ini justru dapat dipakai sebagai acuan untuk membedakan kebenaran dalam pembahasan cerita /  artikel yang terkait pemahaman terhadap YINYANG .
Kami tidak bercerita panjang lebar tentang asal usul dan sejarah tentang ilmu YINYANG disini, melainkan kita hanya mengambil kesimpulan pokok yang senantiasa dipinjam oleh pembahasan atau penjelasan pada suatu cerita , teori atau apa saja yang membutuhkan konsep YINYANG .
Pertama-tama kita harus ingat, bahwa YINYANG hanyalah sebuah KONSEP
KONSEP hanya dapat dipahami, tidak dapat dijelaskan semudah yang dikira ! Sebab konsep tidak berwujud.
Jadi, ketika anda melihat , membaca , atau mendengar ada yang mengatakan YINYANG ada dalam bentuk berwujud, maka pendapat itu jelas sudah keliru.
Mungkin berawal dari pengertian dangkal mengenai ilmu YINYANG yang mengidentikkan pria sebagai bersifat YANG (  dimaksud membawa Yang), sedangkan wanita identik membawa pemahaman dengn identik YIN, maka tidak disadari ilmu YINYANG telah tertanam dalam persepsi yang berwujud sejak awal. sehingga seterusnya warna hitam, putih , besar, kecil juga dimaknai sama. semua adalah YINYANG.
Padahal diawal mula, pemahaman YINYANG hanya diilustrasikan oleh para pakar sebagai dua sisi yang berlawanan. ( lihat lambangnya) karena adanya unsur berlawanan itu, maka segala sesuatu yang ada dialam ini dari mikro hingga makro, akan terbentuk dengan sendirinya fenomena yang sama. yaitu dengan adanya ini, pasti ada itu. satu saja tidak dapat eksis sendiri, melainkan pasti ada yang berlawanan sebagai referensi. Inilah konsep pokok YINYANG.
Lucunya, sesuai dengan ilmu YINYANG itu, terbukti bahwa ada ilmu YINYANG satu lainnya yang berseberangan, Ilmu Yinyang yang berlawanan ini  mengatakan, YIN-YANG saling tarik menarik.
YINYANG sudah disamakan dengan maknit. seuatu yang berwujud. kemudian dari situ berkembanglah macam-macam penafsiran yang keliru yang sama sekali bukan makna YIN-YANG bahkan menyebutnya filosofi hidup YINYANG . belum memahami YINYANG namun sudah melangkah terlalu jauh.
Untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan beberapa point dibawah ini:
  1. YINYANG adalah ilmu klas dunia
    Perlu diketahui oleh para pembaca bahwa tidak ada artikel YINYANG yang dibahas terlalu mendalam di buku klasik bahasa mandarin, apalagi filosofi. tidak mudah menjelaskan YINYANG dengan mudah, kita perlu sangat hati-hati. Para pembaca yang berminat memahami lebih jelas tentang YIN-YANG dapat mengikuti kursus ILMU BAZI-Regular
  2. Ilmu YINYANG bersifat natural berlaku universal
    Inti dari ilmu ini hanya membeberkan apa adanya. tidak ada istilah, pendirian atau arahan dll yang terkait dengan kepentingan. misalnya baik buruk, betul salah, orang harus bersikap begini atau begitu, segala hal harus harmonis dll, semua pembahasan semacam ini bukanlah intisari ilmu YINYANG. melainkan ilham / inspirasi individu.
    Padahal ilmu YINYANG lebih menyerupai model SOP ( Standard operating prosedur ). Didunia usaha ada SOP, dialam ini ada YINYANG, kehidupan manusia tidak terlepas dari peranan YINYANG , sama halnya dunia usaha tidak terlepas dari SOP. YINYANG adalah konsep logis untuk penjabaran suatu hal dan alasan. dapat dipakai untuk mencari kebenaran atau membuktikan suatu kebenaran. ( tolong dibedakan antara logis dan anjuran adalah berbeda basis pendirian ketika melakukan penelitian atau belajar.)
  1. YINYANG bukan plus mines atau maknit
    Mau tambah atau kurang, yang biasa dipakai hitung menghitung, silahkan berbincang di ilmu matematik. jangan masukkan tanda + – di YINYANG .YINYANG juga bukan maknit yang ada gaya tarik menarik., kalau mau bicara gaya tarik menarik, lebih tepatnya di ilmu fisika.
  1. YINYANG dipakai dipelajaran metafisik
    YINYANG tidak dipakai diluar dari ilmu itu, contoh pria = YANG, wanita = YIN dl-sbgnya, hanya dipakai dalam ranah metafisik. gunanya untuk membedakan antara sifat, fungsi dan status satu sama lain. tidak dibutuhkan Plus-Mines, hanya dibutuhkan mengerti apa yang diwakili elemen bersifat Yang dan apa pula yang diwakili elemen bersifat Yin. Tidak ada tambahan maksud tarik menarik..
    Contoh kekacauan yang timbul akibat salah pemahaman,  ketika seorang pria remaja berkulit putih bertemu nenek nenek kulit hitam, sesuai teori gaya tarik, hal seperti ini memenuhi tiga syarat: A. tua dengan muda berlawanan usia,  B.  berlawanan jenis klamin,    C. berlawanan warna kulit, teori maknit berlawanan identik tarik menarik, akhirnya mereka berdua hidup “harmonis”. nah jadilah lelucon konyol
  2. Ilmu Yin-YANG memenuhi dasar logika dan bisa dibuktikan. tidak menimbulkan kontroversi.
    Dari buku-2 atau artikel bahasa asing selain bahasa mandarin, hingga cerita yang difilmkan , tak sedikit yang mengupas atau mengambil contoh yang menjurus ke penyampaian pengertian “keseimbangan “ untuk pengenalan YINYANG  ke dunia. misalnya ada film KUNGFU jepang yang bercerita ada seorang murid yang awalnya selalu ditindas dan kalah dari pertarungan dengan kekuatan GENG lain, akhirnya ia belajar ilmu kungfu YINYANG dari seorang biara tua. ia dilatih macam2-ilmu dasar kungfu hingga terakhir ia diuji harus mampu berdiri satu kaki diujung kapal, menjaga keseimbangan meski dihantam angin dan ombak, ditambah bersemedi dan tentunya akhirnya ia berhasil  memahami YINYANG . kira-kira intinya adalah ia sudah mendapat keseimbangan, jadi ia berhasil menang dari pertarungan.
    Dari cerita, artikel, teori yang tak lain menyampaikan atau menekankan keharmonisan atau penyelarasan atas pemahaman YINYANG, bukanlah ilmu YINYANG , melainkan kesimpulan dari pengamat YINYANG yang ditulis dalam filosofi Humaniora sepihak.
  3. YINYANG tidak membicarakan tentang keseimbangan
    Ilusterasi Keseimbangan mudah mengundang kontroversi, lagi pula dunia ini adalah apa adanya, bukan semudah yang dibayangkan untuk bisa mencapai seimbang. kata keseimbangan itu sendiri sudah diragukan. dari sisi mana orang mengatakan keseimbangan? Contoh, dingin dan panas, jika harus seimbang, maka ice cream perlu dihangatkan, pisau yang tajam harus ditumpulkan, orang rajin harus kurangi kegiatannya. apakah antara orang kaya dan orang miskin ada daya tarik?  apakah antara musuh berbuyutan kedua bisa mencapai keseimbangan lalu menjadi damai? tidak akan ketemu jawaban dari keseimbangan imanjinasi. jadi jelas keseimbangan bukanlah makna YINYANG sebenarnya.
     
     

    BACA ARTIKEL BAZI yang lain ( klik)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Loading...