Pemahaman YINYANG dalam BAZI

Pemahaman YINYANG dalam BAZI

YINYANG adalah bagian yang sangat penting dalam ilmu BAZI, tanpa melibatkan YINYANG, maka ilusterasi BAZI hanyalah monochrom. YINYANG adalah pelajaran dasar untuk masuk dunia ilmu metafisika. Dalam ilmu BAZI regular, pelajar harus memahami dari dasar YINYANG yang membahas tentang “kaca mata” atau pola pandang sesuatu HAL , melalui pengenalan beberapa atribut YINYANG. kemudian digabung dengan dimensi waktu, baru dapat digunakan untuk meramal BAZI.
Dalam ilmu BAZI, Batang langit dan Cabang bumi meminjam makna YINYANG. Dalam ilmu lima elemen, juga meminjam makna YINYANG. Dalam BAZI empat pilar, juga meminjam makna YINYANG. Dalam pengembangan nasib besar dekade, juga ada peran YINYANG, hingga jalan tahun juga tak tertinggal peranan YINYANG.
Sebagai contoh, dalam ilmu BAZI ada dekade nasib besar, dimana dekade itu terdiri dari susunan Batang langit dan cabang bumi, jika kita memahami YiNYANG, maka jelas ada dimensi waktu yang terkandung dalam dekade yang perlu diperhatikan, bukankah dekade dibagi per 10 tahun dan berjalan terus, artinya ada awal ada akhir. katakan usia hidup seseorang dibagi dua tahap. 30 tahun pertama tergolong masa muda, disebut bersifat YANG, 30 tahun berikutnya tergolong masa dewasa/ menuju tua. disebut bersifat YIN. begitu pula dekade juga ada dimensi waktu yang dimaknai YINYANG. Satu hari terdiri dari petang dan malam, yang petang disebut bersifat YANG, sedangkan yang malam dibilang bersifat YIN,  bisakah kita mengatakan jika seseorang ingin sukses, hanya tergantung kegiatan usaha orang tersebut diwaktu malam hari . dengan contoh ini bisa kita bahyangkan sama halnya jika meramal dekade nasib hanya melirik cabang bumi untuk  dijadikan sebagai acuan meramal. jadi jelas ketika makna YINYANG sudah diabaikan. cara meramal demikian sudah cacat.
Sebagai contoh kita ingin mempresentasikan sebuah gambar, maka kita butuh minimal 3 atribut, yang pertama kontras gambar , yaitu ukuran untuk display hitam putih. yang kedua adalah brightness, atau tingkat kecerahan cahaya, dan yang ketiga adalah warna. kurang salah satu dari atribut tersebut, maka gambar yang ditampilkan akan distorsi /cacat.( bukan seperti aslinya lagi)
YINYANG adalah sumber ilmu untuk membangun berbagai atribut. termasuk 5 elemen, juga bersumber dari YINYANG. dengan atribut itu , barulah kita dapat melihat suatu gambar / fenomena lebih utuh. bukan mereka-reka.
Contoh “tanah “ dari ilmu 5 elemen, diwakili oleh batang langit “ 戊 Wù  dan 己 jǐ“ dimana 戊 Wù  adalah tanah bersifat YANG, sedangkan 己 jǐ adalah tanah bersifat YIN. dalam buku buku atau artikel mengambil contoh 戊 Wù  bagaikan dinding besar, bangunan, atau gunung, sedangkan 己 jǐ seperti tanah sawah,  ladang, rawa. YINYANG sudah dimaknai seperti PRIA atau WANITA, JANTAN dan BETINA, identik satu gagah dan yang satu lembut. jadi tanah juga diilusterasikan seperti demikian. ini adalah kekeliruan yang fatal karena tidak memahami  atribut YINYANG. Apakah tembok, dinding atau bangunan  dapat dikatakan setara dengan pikiran, imanginasi dll yang juga bersifat YANG ? jelas tidak sambung. padahal Semua yang dikupas oleh YINYANG, adalah setara dengan sifat YANG dan YIN yang digaris bawahi oleh atribut YINYANG. kalau pikiran,  dikatakan bersifat YANG, sedangkan tubuh bersifat YIN,  karena mau disamakan dengan pria atau wanita, maka pikiran bisa jadi kebalik jadi bersifat YIN, sedangkan tubuh karena besar secara fisik maka jadi bersifat YANG. ini adalah kognitif yang kebalik-balik tentang YINYANG.
Dalam Hal ini tidak bisa menyalahkan para pembaca, karena dari banyak sumber pengetahuan tentang 5 elemen sudah keliru dari awal. namun hendaknya jangan mengikuti keliru lagi.
Atribut YINYANG tidak semestinya harus ditulis, misalnya besar kecil,  melainkan untuk pemahaman saja. sebagai contoh, pria dan wanita, dapat dikatakan adalah salah satu atribut untuk mengidentifikasi seseorang melalui jenis perbedaan jenis kelaminnya. ikan besar dan ikan kecil, atribut untuk membedakan ukuran fisik ikan, lantas dalam ilmu 5 elemen bahasa ingris/ indonesia, untuk apa ada tanah kecil , tanah besar, kayu kecil , kayu besar dll, apakah ingin membedakan ukuran fisiknya?, seorang pakar melihat huruf 戊 Wù  sudah tahu itu bersifat yang, melihat 己 jǐ sudah tahu itu bersifat YIN, YINYANGnya tidak perlu ditulis , semakin ditulis, apalagi ditulis besar dan kecil, semakin jadi suatu keanehan serta memperlihatkan kebodohan orang tersebut tentang pemahaman YINYANG. meskipun Besar dan kecil juga merupakan salah satu atribut YINYANG, namun ciri Yinyang  di 5 elemen bukan semuanya menggunakan atribut yang sama. masing-masing elemen akan mempunyai atribut yang sesuai dengan kategorinya. Apa yang menjadi ciri KHAS elemen tersebut untuk bisa dibagi menjadi YINYANG, atribut itulah yang dipakai untuknya. contoh kita mau memberikan ciri hitam dan putih pada kertas, kalau pakai atribut ukuran yang mengatakan besar kecil, apa yang akan terjadi ? yang ada hanya membingungkan.
Ilmu 5 elemen bukan dipahami dengan cara meminjam dinding tembok, rawa untuk mengenal TANAH seperti demikian mudahnya. Ilmu 5 elemen model demikian sudah menjadi seperti barang komoditi yang ada ditoko material. sedih membacanya, Ilmu 5 elemen yang tersohor dunia kalau membicarakan “barang” yang kasat mata, menjadi cerita yang murahan.

BACA ARTIKEL BAZI yang lain ( klik)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Loading...